Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah dan Tubuh, Kenali juga Bahayanya!

kesehatan kulit
Ditinjau oleh Daud Arif Buana
10 February 2024

Detoksifikasi merkuri merupakan proses menghilangkan merkuri dari dalam tubuh

Cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri mengacu pada proses yang membantu menghilangkan merkuri dari dalam tubuh. Tidak ada metode detoks merkuri tunggal. Seorang dokter dapat melakukannya dengan menggunakan obat-obatan. Ada juga berbagai pengobatan rumahan yang menurut beberapa orang dapat membantu menghilangkan merkuri dari sistem tubuh dan bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan merkuri di wajah. Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menghilangkan merkuri dan bagaimana melakukannya.

Merkuri merupakan salah satu jenis logam berat yang terjadi secara alami di lingkungan. Diketahui bahwa terdapat beberapa jenis merkuri. Semua jenisnya bisa menjadi racun bagi manusia, namun beberapa jenis merkuri dinilai lebih berbahaya daripada yang lain. Menghirup uap merkuri (logam) lebih cenderung menyebabkan komplikasi yang serius daripada menelannya dalam bentuk cair. Hal ini dikarenakan tubuh menyerap sangat sedikit merkuri jenis ini pada saluran pencernaan. Namun, usus mudah menyerap jenis lain yang bernama metil merkuri. Metil merkuri dapat masuk ke tubuh melalui bentuk uap lewat kulit. Metil merkuri paling banyak ditemukan pada beberapa jenis ikan dan makanan laut.

Etil merkuri terjadi saat tubuh memecah thimerosal, yaitu pengawet yang mengandung merkuri dan digunakan dalam beberapa formulasi vaksin. Thimerosal ini dapat mencegah kuman mengkontaminasi vaksin, namun digunakan dengan aman dalam kadar yang sangat rendah. Tubuh membersihkan merkuri jenis etil merkuri lebih cepat jika dibandingkan dengan metil merkuri. Merkuri dapat ditemukan pada:

  • udara
  • air
  • makanan
  • situs industri
  • tanah
  • tambalan gigi yang dibuat dari amalgam merkuri
  • termometer
  • bola lampu
  • rokok dan asap rokok
  • cat lama
  • baterai

Cara Menghilangkan Merkuri Dalam Tubuh

Ada beberapa cara menghilangkan merkuri dan bergantung pada tingkat paparan yang dialami. Berikut beberapa diantaranya:

1. Perawatan Medis

Terapi khelasi adalah bentuk terapi yang berguna dalam mengatasi keracunan logam berat

Cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri dari tubuh bisa dilakukan dengan perawatan medis. Jika kamu mengalami keracunan merkuri sangat tinggi dalam darah dokter mungkin akan merekomendasikan terapi khelasi. Caranya melibatkan penggunaan obat-obatan yaitu chelators, yang bertujuan mengikat merkuri dalam tubuh dan membantunya keluar dari sistem. Chelators bisa digunakan dalam bentuk pil atau disuntikkan.

Khelasi yaitu suatu bentuk terapi yang berguna dalam mengatasi keracunan logam berat seperti merkuri. Terapi khelasi ini memakai larutan ethylenediaminetetraacetic acid (EDTA) yang dimasukkan ke dalam tubuh. Larutan itu umumnya langsung disuntikkan ke dalam aliran darah agar dapat mengikat merkuri berlebih.

2. Membersihkan Tubuh Secara Menyeluruh

Cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri lainnya bisa dilakukan dengan membersihkan tubuh dengan menyeluruh. Cuci wajah, tangan, dan bagian tubuh lain yang bersentuhan dengan produk mengandung merkuri secara menyeluruh. Hubungi profesional perawatan kesehatan dan lakukan perawatan medis untuk mendapat penanganan pasti.

Perlu diperhatikan bahwa sebelum kamu membuang produk yang mungkin mengandung merkuri, selalu tutup dengan kantong plastik maupun wadah anti bocor. Selanjutnya, kamu bisa menghubungi lembaga lingkungan, kesehatan, atau tempat pembuangan limbah padat setempat untuk memperoleh instruksi pembuangan yang tepat. Perhatikan juga apabila pada lingkungan tempat tinggalmu memiliki tempat pengumpulan khusus dan pilihan lain untuk membuang limbah rumah tangga berbahaya seperti produk yang mengandung merkuri.

3. Detoksifikasi dengan Vitamin C

Detoksifikasi merkuri dengan menambah asupan makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin C

Cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri bisa menggunakan vitamin C. Untuk menyingkirkan merkuri, kamu perlu melakukan detoksifikasi logam berat dengan menambah asupan makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin C, buah-buahan, sayuran berdaun hijau, serta bumbu dapur seperti ketumbar.

4. Milk Thistle

Milk thistle efektif digunakan sebagai cara menghilangkan merkuri pada tubuh

Herbal bernama milk thistle efektif digunakan sebagai cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri dan logam berat. Bahan aktif berupa silymarin pada milk thistle punya efek pembersihan pada hati dan juga kantong empedu. Hal itu akan membantu tubuh memulihkan diri pasca keracunan merkuri.

5. Konsumsi Probiotik

Cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri juga bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi probiotik. Ini melibatkan bakteri baik Lactobacillus, bakteri ini ada pada mulut manusia, usus, dan juga makanan fermentasi. Probiotik memiliki kemampuan untuk mengikat sekaligus mendetoksifikasi beberapa logam berat termasuk merkuri. Seseorang yang ingin menghilangkan merkuri dalam tubuh perlu mengonsumsi yogurt, kefir, kimchi, dan minuman berprobiotik supaya mendapatkan cukup bakteri baik ini. Dengan mengonsumsi sumber probiotik, maka kamu bisa mendorong perbaikan kesehatan usus dan membantu memulihkan tubuh yang keracunan merkuri.

6. Perawatan Rumahan

Cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri lainnya bisa dilakukan dengan perawatan rumahan sederhana tanpa produk khusus dengan cara:

  • Konsumsi lebih banyak serat. Tubuh secara alami membuang merkuri serta zat beracun lainnya melalui kotoran. Jadi, mengonsumsi lebih banyak serat akan membantu memindahkan zat beracun tersebut lebih teratur dan cepat melalui saluran pencernaan serta menghasilkan lebih banyak buang air besar. Dengan menambah konsumsi makanan berserat tinggi ini ke dalam rutinitas makan sehari-hari akan membuat tubuh pulih.
  • Minum lebih banyak air putih merupakan salah satu cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri tubuh. Merkuri juga dihilangkan melalui urin, jadi jika kamu minum lebih banyak air maka hal itu membantu mempercepat proses detoksifikasi.
  • Menghindari paparan merkuri. Cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri yang tepat tentu saja dengan menghindari sumbernya di mana saja dan kapan saja. Saat menjauhi paparan, tingkat merkuri dalam tubuh juga akan berangsur-angsur berkurang.
  • Kamu juga perlu menghindari polusi. Udara, air, dan tanah pada area lokasi industri mungkin memiliki kadar merkuri yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tempat lain.
  • Gunakan filter air yang berfungsi secara khusus untuk menyaring merkuri.
  • Jika kamu termasuk orang yang sering berkebun, kenakan sarung tangan ketika menggali tanah agar membatasi penyerapan bahan asing ke kulit.

Jika seseorang memiliki kadar merkuri yang sangat tinggi di dalam tubuhnya, detoksifikasi di rumah bisa saja tidak akan cukup untuk mengatasinya. Keracunan merkuri yang parah dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, maka harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan level paparan kembali ke kisaran yang aman dan tubuh berangsur pulih.

7. Menghentikan sementara pemakaian produk perawatan kulit

Cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri lainnya yaitu menghentikan penggunaan produk perawatan kulit sementara. Saat merasakan gejala wajah terpapar merkuri seperti timbulnya ruam pada kulit, gatal, iritasi dan kering, segera hentikan pemakaian riasan dan skincare untuk sementara. Coba berhenti sekitar 1 atau 2 minggu.

Penghentian pemakaian produk untuk kulit ini berguna untuk memberi waktu pada kulit untuk istirahat dari paparan berbagai kandungan kimia berbahaya khususnya merkuri. Jika gejala sudah reda, kamu dapat mulai menggunakan make up serta skincare yang telah dipastikan kandungannya aman bagi wajah.

8. Detoksifikasi Tubuh dengan Makanan Sehat

Selanjutnya cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri yaitu dengan konsumsi makanan sehat atau clean eating. Memakan makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin akan mempercepat proses detoks.

Mengurangi kebiasaan buruk atas pola hidup tidak sehat juga dapat membantu tubuh berangsur pulih. Dengan mendetoksifikasi tubuh dari dalam, wajah dah kulit pun akan lebih mudah dalam melakukan proses penyembuhan. Seiring proses penyembuhan gejala-gejala keracunan merkuri akan lebih cepat hilang.

9. Menggunakan Pelembab

Cara menghilangkan merkuri di wajah atau detoksifikasi merkuri lainnya adalah menggunakan pelembab untuk menenangkan kulit wajah. Pelembab akan meminimalisir gejala-gejala seperti kulit kering, gatal, dan ruam yang kering bisa sedikit-sedikit hilang. Dengan begitu proses penyembuhan kulit menjadi lebih cepat.

Berapa Lama Merkuri Hilang di Wajah?

Merkuri dapat bertahan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan pada wajah

Merkuri dapat bertahan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan pada wajah. Itu bergantung pada tinggi rendahnya paparan kadar merkuri. Peningkatan kadar merkuri dalam tubuh menyebabkan banyak masalah kesehatan yang beragam, namun gejalanya lambat terbentuk. Itu yang menyebabkan banyak orang telat mengetahui dirinya terpapar merkuri. Yang perlu dilakukan adalah melakukan pengujian merkuri pada tubuh jika kamu merasa telah terpapar oleh sesuatu yang mengandung merkuri. Setelah kami menjalani tes merkuri, tenaga profesional kesehatan dapat bergerak mengatasi situasi tersebut.

Pertama, tes uji merkuri dilakukan untuk memastikan kadar merkuri dalam tubuh dan menilai seberapa bahayanya hal tersebut. Jangan mendiagnosis diri sendiri tetapi menjalankan tes dengan ahlinya sehingga kamu dan praktisi kesehatan dapat membuat rencana penyembuhan yang ditargetkan.

Jenis tes untuk mengecek kadar merkuri terbaik yaitu menggunakan kombinasi tes analisis darah, urin, dan rambut. Itu memberikan hasil akurat sehingga tidak aka nada kesalahan diagnosis. Pastikan ini dilakukan oleh dokter atau ahlinya yang dapat menjalankan tes laboratorium untuk membantu mengembangkan protokol untuk prosedur penyembuhan yang diperlukan.

Lakukan tes pengecekan merkuri apabila kamu mengalami hal-hal berikut:

  • Memiliki tambalan merkuri atau tambalan merkuri telah dilepas, kemudian setelah itu memiliki masalah kesehatan.
  • Sering mengkonsumsi ikan terutama ikan tuna, todak, mackerel, marlin, dll setidaknya 4 sampai 7 kali dalam seminggu, kemudian memiliki masalah kesehatan.

Tanda-tanda Wajah Terkena Merkuri

Tanda wajah terkena paparan merkuri

Ciri-ciri wajah yang terpapar merkuri bisa bervariasi, tetapi beberapa tanda yang umumnya terlihat, antaralain:

1. Warna Kulit Berubah Secara Instan

Tujuan awal dicampurkannya merkuri pada produk kecantikan yaitu agar kulit terlihat putih instan, saat menggunakan produk dengan merkuri, kamu akan merasakan perubahan kulit wajah menjadi lebih putih dengan jangka waktu relatif singkat atau bahkan dengan hanya beberapa kali pemakaian saja. Produk kosmetik yang memakai kandungan merkuri itu dapat memutihkan secara instan. Maka patut diwaspadai, jika suatu produk membuat warna kulit berubah lebih putih dengan waktu yang sangat singkat.

2. Kulit Menjadi Kering dan Mengelupas

Bila kulit terkontaminasi kandungan merkuri dalam jangka waktu yang lama, tanda yang akan dirasakan penggunanya yaitu kulit wajah yang menjadi kering. Keringnya bukan karena cuaca yang panas namun kering yang membuat wajahmu menjadi kaku. Semakin lama kulit wajah menipis dan terkelupas. Jika kamu merasakannya setelah menggunakan produk tertentu, kamu harus waspada. Bisa jadi produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya berupa merkuri.

3. Kulit Wajah Mengalami Iritasi

Ciri wajah yang terpapar merkuri lainnya wajah yang mengalami iritasi. Iritasi bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya karena merkuri. Rasanya seperti kulit yang tiba-tiba terasa panas, atau muncul bruntusan dan juga jerawat yang kemudian bernanah. Jika hal tersebut terjadi, segera berhenti memakai produk tersebut karena bisa jadi produk yang digunakan mengandung logam berat berupa merkuri. Akibat jangka panjang merkuri sangat berbahaya bagi wajah, kulit, dan tubuh secara keseluruhan.

4. Wajah Mengalami Ruam dan Gatal

Tanda yang dapat dirasakan dan dilihat dengan mudah ketika wajah terpapar merkuri yaitu munculnya ruam dan gatal pada wajah setelah memakai suatu produk atau terkena suatu bahan. Apalagi jika kamu termasuk orang yang memiliki kulit wajah sensitif, setelah pemakain pasti langsung muncul ruam dan kemerahan dengan rasa yang sangat gatal. Pada kasus yang lebih serius, gatal itu menyebabkan ruam yang sulit disembuhkan pada seluruh wajah. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, selalu cek kandungan produk kecantikan yang hendak kamu beli dan gunakan.

Paparan merkuri anorganik yang tinggi menyebabkan banyak kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, serta ginjal. Diketahui bahwa merkuri anorganik dan organik diserap melalui saluran pencernaan lalu mempengaruhi sistem lain melalui rute ini. Tanda seseorang terkena paparan merkuri anorganik dengan kadar tinggi meliputi:

  • Perubahan suasana hati
  • Hilang ingatan
  • Gangguan mental
  • Kelemahan otot

Jika kamu khawatir terkena paparan merkuri anorganik, segera berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya.

Paparan logam merkuri sering terjadi saat logam merkuri tumpah, dapat juga saat produk yang mengandung logam merkuri pecah, dan membuat merkuri terpapar ke udara. Jika kamu merasa khawatir tentang paparan merkuri logam, segera berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penanganan tepat. Merkuri logam menyebabkan efek kesehatan menjadi buruk ketika dihirup sebagai uap yang diserap paru-paru. Gejala berkepanjangan atau akut dari paparan merkuri meliputi:

  • Tremor
  • Perubahan emosional (suasana hati, lekas marah, rasa gugup, rasa malu berlebihan)
  • Insomnia
  • Perubahan neuromuskular (kelemahan saraf, atrofi otot, kedutan)
  • Sakit kepala
  • Perubahan respon saraf
  • Performa buruk pada tes fungsi mental

Paparan merkuri yang lebih tinggi menyebabkan efek gagal ginjal, gagal nafas, hingga kematian.

Ciri-ciri Krim Berbahaya

Merkuri pada krim berbahaya biasanya dipasarkan sebagai krim anti-penuaan atau pencerah kulit

Bagaimana caranya kita bisa tahu ada tidaknya merkuri dalam kosmetik yang kita gunakan? Merkuri pada krim berbahaya biasanya dipasarkan sebagai krim "anti-penuaan" atau "pencerah kulit". Pastikan kamu mengecek labelnya dari carilah kata-kata seperti mercurous chloride, mercury, calomel, mercuric, atau mercurio. Jika ada salah satu di antara kata tersebut berarti merkuri ada di dalamnya. Kamu harus segera berhenti memakai produk tersebut.

Krim yang mengandung merkuri berbahaya tersebut biasanya dipasarkan dengan embel-embel sebagai produk pencerah kulit dan perawatan anti penuaan untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan, flek hitam, noda pada wajah, dan mengatasi kerutan.

Jika komposisi bahannya tidak tercantum atau tidak ada label produk, lebih baik menghindarinya. Produk yang jelas tentu memberi label komposisi bahan yang digunakan, jadi jangan gunakan produk tanpa label yang jelas. Produk yang mencantumkan komposisi bahan pada label tetapi mengandung merkuri juga memungkinkan. Periksa bahan pada kemasan dan instruksi atau daftar bahan secara teliti dan hati-hati. Cari dengan teliti kandungan seperti dibawah ini:

  • "Hg" yang merupakan unsur kimia untuk merkuri
  • Merkuri iodida, kalomel, merkurio, merkuri klorida, merkuri amoniasi, merkuri klorida, amida klorida merkuri atau oksida merkuri
  • Petunjuk pada produk yang menyuruh untuk menghindari kontak dengan perak, emas, perhiasan, karet, dan aluminium

Penjual dan distributor yang dengan sengaja memasarkan krim pemutih atau pencerah kulit dengan kandungan merkuri yang membahayakan konsumen tentu dapat dikenai tindakan penegakan hukum, penyitaan produk, pengadilan, dan tuntutan pidana. Waspadai produk perawatan kulit impor atau asing ketika kamu membeli produk perawatan kulit. Berhati-hatilah jika kamu memilih produk impor. Pastikan kamu membeli produk yang memiliki reputasi terpercaya dan memiliki izin edar.

Berhati-hatilah dengan produk perawatan kulit yang hendak kamu pakai, meskipun produk itu mengklaim bahwa produk itu "aman". Produk apa saja yang tidak menggunakan label atau ditulis dalam bahasa yang tidak kamu mengerti bisa saja mengandung merkuri.

Diketahui bahwa tempat tertentu mungkin menjual produk dengan kandungan merkuri. Pengecer tertentu lebih cenderung menjual produk perawatan kulit dengan kandungan berupa merkuri. Mengetahui jenis tempat yang mungkin menjual produk yang memakai merkuri mungkin bisa membantu menghindari pembelian produk yang berpotensi membahayakan bagi kulit dan tubuh. Lokasi tersebut meliputi:

  • Toko grosir
  • Pasar etnis
  • Situs media sosial
  • Aplikasi seluler

Aduk produk dengan benar. Jika kamu menduga bahwa mungkin memiliki perawatan kulit yang mengandung merkuri, maka sesegera mungkin hentikan penggunaannya. Kamu perlu membuang produk dengan hati-hati dan ditutup rapat serta memasukkannya dalam wadah yang rapat. Kamu dapat mencari tahu dimana tempat pembuangan terdekat. Kumpulkan semua produk dengan kandungan merkuri dalam wadah tertutup, lalu bawalah ke fasilitas pembuangan limbah berbahaya setempat. Segera singkirkan produk apa pun yang keamanannya tidak dapat dipastikan. Lebih baik mencegah dan aman daripada harus menyesal.

Efek Merkuri

Sakit kepala merupakan salah satu efek dari paparan merkuri

Keracunan merkuri menyebabkan berbagai efek. Efek dari merkuri cenderung muncul karena merkuri perlahan menumpuk pada tubuh dalam jangka waktu yang lama. Efek samping merkuri dapat muncul tiba-tiba jika seseorang baru saja terpapar merkuri dengan kadar tinggi. Beberapa efek keracunan merkuri meliputi hal berikut:

  • kelelahan
  • depresi
  • kelesuan
  • sakit kepala
  • batuk
  • nyeri dada atau sensasi terbakar
  • sesak nafas
  • radang jaringan paru-paru
  • perubahan perilaku, seperti menjadi lekas marah
  • kurangnya konsentrasi
  • masalah memori
  • mati rasa
  • kesemutan
  • perubahan penglihatan dan pendengaran

Paparan merkuri memiliki konsekuensi kesehatan yang sangat serius. Bahaya merkuri ini bukan hanya dirasakan orang yang menggunakan produk dengan kandungan merkuri tetapi juga bagi keluarga atau orang di sekitar mereka. Saat kamu menggunakan produk mengandung merkuri, keluarga dan orang sekitarmu mungkin menghirup uap merkuri dan terpapar dengan menggunakan benda tertentu berupa waslap atau handuk yang terkontaminasi oleh merkuri.

Wanita hamil, bayi, dan anak kecil begitu rentan terhadap keracunan merkuri. Seorang bayi sangat sensitif terhadap bahaya merkuri. Merkuri dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak dan sistem saraf pada bayi dan anak kecil. Bayi baru lahir yang menyusu ini rentan terpapar karena merkuri yang masuk ke dalam ASI.

Setelah mengetahui betapa bahayanya merkuri, bagaimana cara menghilangkan merkuri di wajah dan juga tubuh, cara mengetahui krim berbahaya yang mengandung merkuri, serta efek samping dari merkuri, kini kamu bisa lebih berhati-hati dan waspada terhadap produk-produk yang tidak jelas asal usul dan keamanannya.

Lets Talk

We shall engage in discussion through the emails below

Business enquiry

Email: biz@ptmpt.id
Cari tau berita terbaru
icon-tiktokicon-instagram
Unduh Aplikasi
icon-appleicon-playstore
© 2024 Corp | PT Meta Pesona Teknologi