Berbagai Manfaat Treatment Wajah Guna Merawat dan Memelihara Kesehatan Kulit

manfaat treatment
Ditinjau oleh Daud Arif Buana
04 January 2024

Treatment wajah merupakan salah satu cara yang banyak digandrungi oleh perempuan untuk menjaga penampilah kulit wajah. Ada berbagai macam treatment wajah yang ditawarkan di salon atau klinik kecantikan.

Treatment wajah merupakan perawatan kulit yang populer dan memiliki banyak manfaat

Manfaat treatment wajah juga sangat banyak, seperti mengatasi jerawat, menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan kulit, melembabkan dan menghaluskan kulit, mengatasi komedo, hingga membuat kulit tampak awet muda.

Manfaat Treatment Wajah

Banyak manfaat yang dapat kamu peroleh dari melakukan treatment wajah

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat, tentu kamu harus melakukan treatment atau perawatan kulit. Gunanya tentu saja untuk meningkatkan sekaligus menjaga kesehatan kulit wajah. Pastikan kamu melakukan treatment wajah pada ahlinya agar mendapatkan hasil yang baik. Berikut beberapa manfaat treatment wajah yang dapat kamu peroleh:

  1. Membersihkan kulit wajah
    Treatment wajah memiliki fungsi utama untuk membersihkan pori-pori kulit dari berbagai kotoran dan sel-sel kulit mati. Treatment wajah dapat bermanfaat untuk mengelupas sel-sel kulit mati serta mempercepat proses pembaharuan sel-sel kulit.
  2. Menyamarkan tanda penuaan
    Manfaat treatment wajah juga dapat digunakan untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan yang muncul pada kulit, seperti garis halus, kerutan, dan flek hitam. Treatment wajah akan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit sehingga membuatnya menjadi lebih sehat.
  3. Mengurangi stress
    Menghilangkan stres dan kelelahan juga merupakan manfaat yang bisa kamu peroleh dari treatment wajah. Misalnya pada facial treatment. Manfaat facial treatment salah satunya dapat meregangkan saraf dan otot sehingga membuat stres menjadi berkurang. Treatment ini juga melibatkan teknik pijatan pada kulit yang dapat membuat rileks pikiran.
  4. Melancarkan sirkulasi darah
    Treatment wajah yang dilakukan dapat berguna untuk melancarkan sirkulasi darah pada kulit. Kondisi ini akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar sehingga kinerja kulit juga menjadi lebih optimal. Hal ini juga akan berdampak pada produksi kolagen yang meningkat pada kulit sehingga wajah akan terlihat lebih muda.
  5. Detoksifikasi wajah
    Setiap harinya wajah terkena berbagai radikal bebas yang dapat menjadi salah satu penyebab berbagai masalah pada kulit. Di sini treatment wajah berfungsi untuk mendetoks semua paparan radikal bebas serta mengeluarkannya dari kulit. Manfaat treatment wajah ini dapat melindungi kulit dari berbagai masalah, contohnya seperti jerawat.
  6. Mencegah dan mengatasi jerawat
    Treatment wajah dapat berguna untuk mencegah dan mengatasi masalah jerawat. Kandungan nutrisi yang diberikan saat melakukan treatment wajah dapat mengurangi jerawat. Kondisi ini juga dapat mencegah serta menyamarkan noda hitam bekas jerawat.
  7. Menghilangkan komedo
    Manfaat treatment wajah mampu menghilangkan komedo, baik itu komedo hitam atau komedo putih. Biasanya treatment wajah memiliki alat yang dapat digunakan untuk mengeluarkan semua komedo dari pori-pori kulit. Terkadang, aktivitas ini dapat menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, kamu benar-benar akan merasakan kulit mulus, halus, dan bersih dari komedo.
  8. Melembabkan dan menghaluskan kulit
    Bagi pemilik kulit kering, manfaat dari melakukan treatment wajah yaitu dapat berguna untuk melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Treatment wajah mampu meratakan warna kulit, meningkatkan produksi kolagen, serta meratakan struktur kulit. Kamu akan merasakan kulit wajah yang jauh lebih lembut dan halus setelah melakukan treatment wajah.
  9. Mencerahkan kulit
    Mungkin ini merupakan salah satu manfaat treatment wajah yang paling banyak disukai oleh kaum perempuan. Hampir semua orang menginginkan kulit wajah yang cerah demi meningkatkan penampilan. Kamu dapat memperoleh kulit yang cerah dan glowing dari melakukan treatment wajah secara rutin. Proses exfoliating saat treatment wajah membantu proses pembaharuan sel kulit sehingga kulit akan jauh lebih cerah dan putih.
  10. Mengencangkan kulit
    Kulit wajah yang kendur, keriput, dan muncul garis halus dapat melakukan treatment wajah guna menyamarkannya. Treatment wajah dapat mengencangkan kulit kendur sehingga wajah akan tampak muda kembali. Treatment juga akan membuat tampilan kulit lebih halus dan kencang dari sebelumnya.

Jenis-jenis Treatment Wajah

Treatment wajah memang memiliki banyak manfaat untuk kulit serta memiliki berbagai jenis. Jenis-jenis treatment wajah ini dapat kamu sesuaikan dengan masalah kulit yang kamu alami. Treatment wajah terkadang juga memakan biaya yang tidak sedikit, akan tetapi hasil yang didapatkan juga optimal. Beberapa jenis-jenis treatment wajah yang bisa kamu coba yaitu sebagai berikut:

1. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi berguna untuk exfoliating kulit agar wajah menjadi lebih bersih

Mikrodermabrasi merupakan salah satu prosedur treatment wajah yang dilakukan dengan cara exfoliating atau pengelupasan jaringan kulit dengan menggunakan peralatan khusus. Manfaat treatment wajah ini yaitu bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Fungsi lainnya yaitu untuk merangsang pembentukan jaringan kulit yang lebih baru dan sehat.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari treatment mikrodermabrasi adalah untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam, kerutan, garis halus, bekas luka, dan flek hitam.

Prosedur treatment wajah ini umumnya memakan waktu 20 hingga 30 menit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu mungkin perlu untuk melakukan perawatan ini hingga beberapa kali.

2. Chemical peeling

Chemical peeling merupakan treatment wajah yang dilakukan dengan cara pengelupasan sel-sel kulit mati

Chemical peeling merupakan jenis treatment wajah yang biasanya dilakukan guna mengatasi masalah perubahan warna kulit atau warna kulit yang tidak merata. Biasanya treatment ini berguna untuk menyamarkan flek atau noda hitam yang ada pada wajah serta masalah jerawat.

Prosedur treatment ini dilakukan dengan memanfaatkan cairan kimia dan spons khusus guna merangsang pengelupasan sel kulit mati. Chemical peeling terbagi kedalam beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:

  • Superficial chemical peeling
    Superficial chemical peeling atau biasa disebut dengan peeling wajah ringan merupakan jenis chemical peeling yang bermanfaat untuk mengangkat segala sel kulit mati yang terdapat pada epidermis atau lapisan kulit terluar. Prosedur treatment wajah ini dilakukan dengan mengkombinasikan larutan asam kimia hidroksi beta dan hidroksi alfa, seperti asam salisilat, asam malat, asam glikolat, dan asam laktat.
  • Medium chemical peeling
    Medium chemical peeling atau peeling wajah sedang merupakan jenis chemical peeling yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bagian lapisan epidermis dan lapisan dermis, yaitu lapisan di bawah epidermis. Treatment wajah ini menggunakan larutan kimia asam glikolat atau trikloroasetat.
  • Deep chemical peeling
    Deep chemical peeling atau peeling wajah dalam merupakan jenis chemical peeling yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada lapisan epidermis dan bagian tengah sampai bawah lapisan dermis. Jenis peeling ini menggunakan larutan kimia asam trikloroasetat atau asam karbolat (fenol) yang dapat menyerap sampai lapisan dermis kulit.
3. Dermal fillers

Prosedur dermal filler dilakukan dengan menyuntikkan cairan khusus pada bagian wajah tertentu

Dermal filler merupakan sebuah treatment wajah yang dilakukan dengan cara menyuntikkan fillers (cairan khusus) pada area wajah tertentu. Manfaat treatment wajah ini yaitu untuk mengatasi kerutan, menghilangkan bekas jerawat, membuat tampilan hidung lebih mancung, serta membuat bentuk bibir yang tebal.

Dalam prosedurnya, biasanya dokter akan menyuntikkan cairan filler pada wajah pasien serta melakukan pijatan lembut dan ringan. Prosedur ini dapat memakan waktu hingga 1 jam. Setelah 1 hari perawatan, bagian kulit yang terkena filler kemungkinan akan mengalami pembengkakan dan kemerahan, tetapi kondisi ini biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu.

Setelah melakukan prosedur filler, biasanya dokter akan melarang anda untuk berada di bawah paparan sinar matahari, tidak mengkonsumsi kopi dan alkohol, serta membersihkan wajah secara lembut. Filler terbagi kedalam beberapa jenis diantaranya sebagai berikut:

  • Asam hialuronat
    Jenis filler ini menggunakan asam hialuronat sebagai bahannya yang akan dimasukkan ke dalam kulit melalui suntikan. Asam hialuronat yang digunakan dapat berbentuk sintetis dan alami.
  • Kolagen bovine
    Jenis filler ini memanfaatkan kolagen bovine yang berasal dari kulit sapi yang telah diolah secara khusus.
  • Lemak tubuh
    Jenis filler ini menggunakan sedikit jaringan lemak yang diambil dari salah satu bagian tubuh, seperti paha, perut, atau bokong.
  • Polimer buatan
    Jenis filler ini menggunakan bahan polimer yang banyak dimanfaatkan dalam prosedur medis.
  • Hidroksiapatit kalsium
    Jenis filler ini terbuat dari mineral yang bisa memperkuat tulang. Mineral ini kemudian akan dimasukkan ke dalam partikel kecil dan dilarutkan dalam cairan, lalu disuntikkan pada pasien.
  • Jaringan halus permanen
    Jenis filler ini menggunakan jaringan halus yang dapat diserap oleh tubuh. Benang akan dimasukkan ke dalam kulit pasien yang berguna untuk menunjang penampilan.
4. Laser resurfacing

Manfaat dari prosedur treatment wajah ini yaitu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan

Laser resurfacing adalah prosedur perawatan kulit yang bermanfaat untuk mengurangi tanda penuaan dan bekas jerawat. Treatment wajah ini dilakukan dengan 2 metode yakni dengan laser ablatif dan non ablatif. Jenis treatment wajah ini berguna untuk merangsang pembentukan kolagen baru yang lebih sehat.

Jenis treatment wajah ini dilakukan dengan cara mengarahkan laser yang terkonsentrasi pada kulit yang memiliki masalah. Nantinya sinar laser yang ditembakkan dapat menghilangkan lapisan luar kulit, yaitu epidermis, serta memanaskan bagian yang ada dibawahnya, yaitu dermis.

5. Facial

Perawatan facial merupakan salah satu treatment wajah yang minim resiko efek samping serta mampu membuat kulit tampak lebih awet muda

Facial merupakan jenis perawatan kulit yang bermanfaat untuk membuat kulit wajah tampak lebih bersih, cerah, dan sehat. Manfaat facial wajah dapat mengatasi segala permasalahan kulit. Facial merupakan salah satu treatment wajah yang populer dan paling banyak digemari oleh banyak orang. Prosedur facial akan dimulai dengan langkah pembersihan, pemijatan, eksfoliasi, ekstraksi, dan pemasangan masker. Perawatan facial wajah juga memiliki beberapa jenis yang terdiri dari:

  • Normal facial
    Normal facial merupakan jenis facial yang berguna untuk membersihkan kulit wajah yang digabungkan dengan teknik pijatan. Prosedur pemijatan wajah ini juga akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, jadi secara tidak langsung dapat berguna untuk mengurangi stres dan kelelahan. Pijatan dilakukan secara intensif pada titik-titik wajah tertentu yang bermanfaat untuk mencerahkan dan menutrisi kulit.
  • Acne facial
    Bagi pemilik kulit yang berjerawat sangat cocok untuk melakukan treatment ini. Acne facial merupakan jenis facial yang berguna untuk mengatasi jerawat dan komedo. Sel-sel kulit mati akan dibersihkan menggunakan metode glycolic acid exfoliating yang diikuti dengan langkah pembersihan pori-pori secara manual. Jenis facial ini tidak menerapkan metode pemijatan karena menghindari area kulit yang berjerawat.
  • Enzyme facial
    Sesuai dengan namanya, perawatan facial ini menggunakan enzim khusus untuk mengurangi resiko kulit kemerahan. Manfaat facial wajah ini yaitu untuk mengatasi bekas jerawat yang kemerahan atau breakout pasca perawatan.
  • Microdermabrasion facial
    Jenis facial ini dapat memberikan hasil secara instan tanpa harus menjalani prosedur operasi. Jenis facial ini memanfaatkan alat bertekstur kasar yang berguna untuk meratakan permukaan kulit.
  • Collagen facial
    Collagen facial menerapkan beberapa teknik dalam prosedurnya, mulai dari pengasapan kulit wajah, pembersihan pori-pori kulit, pemijatan lymphatic drainage, hingga pemberian masker mineral dalam bentuk lembaran kolagen. Manfaat dari facial ini yaitu untuk melembabkan wajah serta mencegah terjadinya dark circle dan kerutan.
  • Anti aging facial
    Jenis facial ini sangat cocok untuk dilakukan bagi mereka yang berusia di atas 30 tahun. Manfaat treatment wajah ini yaitu sebagai anti penuaan yang memanfaatkan bahan kandungan seperti serum antioksidan dan kolagen guna meremajakan sel-sel kulit. Sel-sel kulit mati dan pori-pori juga akan ikut dibersihkan dalam prosedur facial ini.
  • Brightening facial
    Sesuai dengan namanya jenis facial ini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit kusam. Perawatan kulit ini sangat cocok diterapkan bagi kamu yang sering terpapar sinar matahari sehari-hari. Dalam prosedurnya masker vitamin C akan diaplikasikan pada wajah guna mengatasi hiperpigmentasi.
  • Acupuncture facial
    Jenis facial ini menerapkan metode pengobatan tradisional China, yakni akupuntur. Dalam prosedurnya jarum-jarum yang berukuran kecil akan ditempatkan pada area kulit yang rentan mengalami kerutan. Prosedur ini dapat menstimulasi produksi kolagen dan elastin sehingga membuat kulit menjadi lebih kencang, mengurangi garis halus, dan kerutan.
  • Detox facial
    Detox facial merupakan salah satu jenis facial yang berguna untuk membersihkan kulit dari berbagai kotoran yang menempel, seperti minyak, radikal bebas, dan sel kulit mati. Manfaat facial detox diantaranya menghilangkan komedo, mengatasi kulit berminyak, serta mengecilkan pori-pori. Manfaat utama dari facial ini yakni untuk mendetoksifikasi kulit dengan mengeluarkan dan membuang racun dan minyak yang berlebih.
  • Antioxidant facial
    Antioxidant facial bertujuan untuk meremajakan sel-sel kulit setelah terpapar berbagai radikal bebas sehari-hari. Dalam prosedurnya akan melibatkan krim dan masker yang mengandung vitamin E, vitamin A, dan betakaroten yang mempunyai kandungan antioksidan guna melawan efek buruk radikal bebas.
  • LED facial
    LED facial juga sering disebut dengan color light therapy. Dalam prosedurnya, jenis facial ini memanfaatkan sinar khusus guna menstimulasi pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Manfaat yang ditawarkan dari perawatan wajah ini cukup beragam, seperti mengatasi jerawat, sunspots, kerutan, kemerahan, dan mencegah penuaan.
  • GEM facial
    Jenis facial ini menerapkan pijatan dengan menggunakan gemstone sebagai metodenya. Jenis facial ini memanfaatkan gem jenis tertentu seperti onyx atau amber sebagai langkah perawatannya yang dikombinasikan dengan minyak aromaterapi dan antioksidan, titik-titik sensitif akan mendapatkan stimulasi guna peremajaan sel-sel kulit. Manfaat facial wajah ini juga mampu menyeimbangkan level energimu. Selain itu, pikiran juga akan menjadi lebih rileks sehingga mampu mengurangi stres.
  • Fruit acid facial
    Jenis facial wajah ini memanfaatkan potongan buah seperti apel, lemon, dan buah yang lainnya. Berbagai kandungan zat yang berasal dari buah-buahan bermanfaat sebagai scrub guna membersihkan wajah. Kandungan dari buah-buahan ini juga dapat mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, serta melembabkan kulit.
  • Contouring facial
    Dalam tahapan prosedurnya, jenis facial yang satu ini menggunakan teknik pijatan yang sedikit lebih intensif pada kulit. Alat yang digunakan berupa microcurrent yang dapat mengencangkan otot serta menegaskan lekukan pada bagian wajah, seperti tonjolan tulang pipi.
  • Gold facial
    Gold facial merupakan salah satu jenis facial yang memanfaatkan Gamma PGA yang memiliki kandungan emas 24 karat yang berguna untuk melawan radikal bebas. Kandungan emas akan masuk kedalam lapisan kulit serta membantu menghilangkan racun. Manfaat treatment wajah ini yaitu dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan awet muda.
  • Vampire facial
    Vampire facial juga sering disebut dengan PRP (Platelet Rich Plasma). Jenis facial ini tidak melibatkan prosedur operasi, akan tetapi dilakukan dengan cara memasukkan substansi yang memiliki tekstur seperti gel. Substansi yang digunakan merupakan darah yang berasal dari pasien itu sendiri.

Treatment wajah merupakan perawatan kulit yang paling banyak diminati di zaman sekarang. Tidak hanya berlaku bagi kaum perempuan saja, kaum laki-laki juga banyak yang melakukan treatment wajah guna menunjang penampilan. Manfaat treatment wajah ini mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit, mencerahkan kulit, serta membuat kulit terlihat lebih muda.

Akan tetapi,beberapa prosedur treatment wajah ini memiliki beberapa efek samping. Untuk itulah, kamu disarankan untuk melakukan treatment wajah pada ahlinya guna meminimalisir resiko efek samping yang ditimbulkan.

Lets Talk

We shall engage in discussion through the emails below

Business enquiry

Email: biz@ptmpt.id
Cari tau berita terbaru
icon-tiktokicon-instagram
Unduh Aplikasi
icon-appleicon-playstore
© 2024 Corp | PT Meta Pesona Teknologi